SEKILAS TENTANG AKU DAN KAMPUNGKU BELITANG,OKU TIMUR SUM-SEL

Diposting oleh sebuah sisi hati pada 17:45, 28-Mar-13

oku2.jpg

Semoga diantara kalian ada yg berasal dari kota yang sama denganku, kota yang selalu aku rindukan karna kini aku telah jauh bekerja jauh dari kampungku,HARJOMULYO,BELITANG,OKU TIMUR SUM SEL

Belitang adalah 1 dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur (setelah dilakukan pemekaran/otonomi daerah). Karena sebelum adanya otonomi daerah dulu hanya ada OKU, tidak ada yang namanya OKU Timur, OKU Selatan, dan sebagainya. Kecamatan Belitang berjarak sekitar 360 kilometer dari ibu kota Sumatera Selatan, Palembang. Sementara Belitang sendiri terdiri dari Belitang I, Belitang II dan Belitang III. Hampir seluruh wilayahnya dipenuhi hamparan padi yang tumbuh subur dan hijau. Mata semakin sejuk memandang dengan aliran air Irigasi Upper Komering yang sehari-sehari menyirami ribuan hektare persawahan.

Untuk Belitang sendiri penduduknya mencapai 54.000 KK. Dan dari segi infrastruktur, Belitang sudah memiliki perbankan, pendidikan, pertanian. Bahkan untuk sektor pendidikan di Belitang sudah ada hingga strata S2.

Budaya
Belitang merupakan salah satu basis pelestarian budaya Jawa di Sumatera yang masih kuat hingga sekarang. Berbagai pertunjukan seni tradisional masih terus digelar, seperti reog, jatilan, ketoprak, dan wayang kulit. Soal wayang kulit, dari sekitar 100 dalang Wayang Purwa yang ada di Sumsel, sebanyak 67 dalang tinggal di daerah Belitang. Sementara untuk budaya suku asli sendiri sudah hampir tidak terlalu menonjol. Sejauh yang penulis ketahui, sampai saat ini budaya suku asli yang masih ada hanyalah ”runcak-runcakan” atau lebih populer di kenal dengan sebutan ”lempar selendang”. Namun secara garis besar, budaya di Belitang lebih di dominan oleh budaya orang-orang pendatang (transmigrasi).

Pertanian
Belitang memiliki sawah beririgasi teknis cukup luas, yakni lebih dari 26.000 ha. Tak heran kalau Belitang merupakan daerah persawahan beririgasi teknis terluas di provinsi Sumatera Selatan. Dari hasil pertanian, Belitang sendiri menghasilkan 1,5 juta ton hingga 1,8 juta ton gabah kering giling, dari dua juta ton yang dihasilkan oleh Sumsel setiap tahunnya. Selain persawahan, Belitang juga banyak ladang. Di ladang para petani menamam, rambutan, durian, sayur mayur, singkong, kedelai dan lain sebagainya. Namun secara geografis, sebenarnya tanah di Belitang mayoritas persawahan.
Persawahan yang terletak sekitar 40 kilometer timur laut Martapura, ibu kota Ogan Komering Ulu Timur, itu semakin berkembang dan produktif ketika mendapat limpahan irigasi teknis dari Bendung Perjaya. Menariknya, Bendungan Perjaya yang di bangun pada masa pemerintahan Soeharto tersebut sampai sekarang belum juga di resmikan. Dulu pada saat Megawati menjabat sebagai orang nomer satu di negeri ini berencana mau meresmikan, namun karena satu hal, rencana tersebut batal. Walaupun belum di resmikan, akan tetapi untuk pengoperasionalan Bendungan Perjaya tetap jalan terus.

Masyarakat lebih suka menyebut daerah pertanian sesuai dengan areal pembagian air dari Sungai Komering,
mulai dari Bangunan Komering (BK) 1, BK 2, BK 3, sampai dengan BK 35.
Masing- masing BK merupakan bangunan irigasi sekunder,dilengkapi pintu-pintu pengatur.setiap desa rata-rata memiliki lebih dari 10 mesin penggiling padi.

Sekedar informasi bahwa duku Palembang yang terkenal dengan manisnya tersebut, yang banyak di jual di jalanan Jakarta sebenarnya bukan dari Palembang (Kota). Akan tetapi duku tersebut berasal dari sebuah desa yang bernama Rasuan, sebuah desa yang tak jauh dari Belitang. Desa tersebut di huni oleh penduduk asli, suku Komering. Begitu juga dengan durian, yang asalnya dari Rasuan.
Mungkin karena kalau di sebut durian atau duku dari Rasuan, pasti orang tidak akan kenal dan bertanya-tanya, Rasuan, daerah mana itu?. Tetapi kalau di sebut duku atau durian dari Palembang, pasti semua orang kenal.
Kalau lagi musim duku dan durian, dikampung saya harganya jauh lebih murah di banding di sini. Untuk durian satu bijinya hanya di hargai sekitar 3.000-5.000 perak, murah bukan. Coba bandingkan dengan di sini, satu biji bisa 10 ribu hingga 25 ribu. Ah….kalau lagi musim duku dan durian jadi ingin pulang kampung.

Perekonomian
Mayoritas pekerjaan penduduk asli Belitang adalah bertani. Namun berbeda dengan nasib para petani di daerah lain di Sumsel yang umumnya pas-pasan, masyarakat petani di Belitang bisa dibilang hidup berkecukupan sandang, pangan, dan papan. Kemakmuran itu tercermin dari rumah-rumah penduduk yang rata-rata sudah bertembok, lantai tegel, atau plester semen. Sebagian rumah juga sudah dilengkapi antena parabola besar.
Rasanya sulit ditemukan rumah dari bambu atau kayu yang reyot. Perkampungan Belitang juga ramai karena didukung akses jalan beraspal besar yang mulus, baik jalan menuju Martapura maupun ke Palembang. Di Kecamatan Belitang I, telah berdiri dealer mobil yang menunjukkan daya beli masyarakat sekitar lumayan tinggi.

Terakhir
Dengan luasnya daerah pertanian yang ada di Belitang serta di tunjang irigasi yang sangat bagus, Belitang pasti akan menjadi daerah yang makmur.Apalagi skrg daerah Belitang di jadikan Kota Terpadu Mandiri (KTM) oleh menteri dalam negeri kabinet gotong royong SBY.

Semoga kemakmuran dan kedamaian yang ada di Belitang akan merata, sehingga warga Belitang tidak perlu berbondong-bondong merantau ke Jakarta, hanya untuk sekedar mengadu nasip atau mencari sesuap nasi, seperti saya.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

53 tanggapan untuk "SEKILAS TENTANG AKU DAN KAMPUNGKU BELITANG,OKU TIMUR SUM-SEL"

TriyaMobile pada 18:45, 28-Mar-13

kunjungan malam sob...
ikut meramaikan blog sobatcheesy-grin
nice post sobranger
jgn lupa mampir ke blogku yarolleyes

down-arrow
triyamobile.mywapblog.com/backlink-2.xhtml

mazfoojie pada 19:14, 28-Mar-13

Mas Harjomulyo tu BK berapa,saya tinggal di Trukis cuma asli wong Magelang?

avsek cuitz pada 19:30, 28-Mar-13

hdir boz... Aq jga ikut nyimak...

sebuah sisi hati pada 19:43, 28-Mar-13

mas foojie

BK 10 mas...
sampean skrg dimana..

sebuah sisi hati pada 19:45, 28-Mar-13

avseq
thanks bos

sebuah sisi hati pada 19:45, 28-Mar-13

triya
makasih sob

k0k0h pada 20:15, 28-Mar-13

kunjungan balik boss..

дјї шоиб дĻїем тцеиди pada 20:35, 28-Mar-13

Ok slamat malam...

Sukses BK 10 nya...

sebuah sisi hati pada 20:38, 28-Mar-13


aji

makasih master

purnomo pada 20:45, 28-Mar-13

hadir sob....nice post smile

arif pada 00:13, 29-Mar-13

kunjungan balik kawan..
Laen kali pasti hadir lg ke sini.

Jangan sungkan pula nyasar ke gubuk sayasmile

http://newkajine.pun.bz

Ziylland parikezit pada 01:50, 29-Mar-13

Hadir gan. . .
Suces slalu buat agan. . .

P-L-U-R

Ziylland parikezit pada 01:50, 29-Mar-13

Hadir gan. . .
Suces slalu buat agan. . .

P-L-U-R

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 01:55, 29-Mar-13


smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
juaaauh banngettt mazzz,aku di bogor.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya

http://serpihanfb.mywapblog.com/kunjungan-m-eraga-sukma-yang-pertama-kal.xhtml

Kode Rahasia HP Nokia ,hp Cina ,Sony Ericcson lebih Lengkap & Lebih Detail ?
boleh dipasang di navigasimu
http://serpihanfb.mywapblog.com/kode-rahasia-hp-lengkap-nokia-lebih-deta.xhtml

δiзиб ряздкнзя pada 07:27, 29-Mar-13

Kunjungan pagi kawan ,,
Wuih jauh juga ya kawan smile..
Salam dari Dieng jateng biggrin

Fadli 1933 pada 09:17, 29-Mar-13

salam silaturahmi brad

sebuah sisi hati pada 09:34, 29-Mar-13

fadli
iya sob

sebuah sisi hati pada 09:36, 29-Mar-13

zyn
thanks sob

sebuah sisi hati pada 09:39, 29-Mar-13

madtohar
sekedar wawasan ja sob

sebuah sisi hati pada 09:41, 29-Mar-13

ziland
sukses jg buat anda sob

Edy fitra pada 09:42, 29-Mar-13

Selamat pagi gan.



Nyimak aja gan.


qx mudang ... he he smilesmile

M Ridho Ramadhani pada 10:27, 29-Mar-13

mampir dan nyimak gan

Widy Setia pada 10:52, 29-Mar-13

────█▓▓▓▓▓▓█ ────█▓▓▓▓▓▓▓█
───█▓██▓▓▓▓▓▓█
──█▓█▓▓███▓▓▓▓█
──█▓█▓▓█▓▓█▓█▓▓█
─█▓█▓▓█▓▓███▓▓▓█
──█▓▓█▓▓█▓▓▓▓▓█ ───██▓▓█▓█████
─────██▓▓██▓▓█
───────██▓█▓▓█
──────────█▓▓█
──────────█▓▓█
──────────█▓▓█ ───────────██ ――――――――――
╔═╗══════╔╗═══╔╦╗══╗
║╚╬═╦╦╦═╗║╚╦═╦╝╠╬╦╗║
╠╗║╬║║║╬║║║║╬║╬║║╔╝║
╚═╩╩╬╗╠╩╝╚╩╩╩╩═╩╩╝═║
════╚═╝════════════╝

- ASSALAMUALAIKUM -
- DITUNGGU KEHADIRAN NYA - DI BLOG SAYA - MASS BRO MBAA BRROO -

- WASSALAM WR.WB -


m.F Komentar Ini hanya Kopas - biggrin sekali lagi m.F

uyex putra pada 11:17, 29-Mar-13

Hadir gan salam silaturahmi.

widiarko pada 13:00, 29-Mar-13

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

right-arrowWIDIARKOleft-arrow Hadir Kawan
Sehabis Sholat Juma'tan
Dengan Sarung Masih Menempel Di Badan
Hanya Untuk Menyimak Postingan2 di blog ini Kawan
Yang Bikin Aku Selalu Ketagihan
Kutunggu Hadirmu kawan
diblogku Yg Masih acak2an

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Radika Iranda pada 13:48, 29-Mar-13

Wah, sama dong sob
Ane juga dari daerah Palembang
Tapi, bukan dari Belitang, saya dari desa Ujanmas Baru yg dekat dgn PT BA desa saya smile
Thanks infonya sob

sebuah sisi hati pada 13:50, 29-Mar-13

widiarko
iya sob makasih

sebuah sisi hati pada 13:52, 29-Mar-13

radika

salam pem-pek sob he he

sebuah sisi hati pada 13:52, 29-Mar-13

radika

salam pem-pek sob he he

sebuah sisi hati pada 13:53, 29-Mar-13

widy oke boss

sebuah sisi hati pada 13:54, 29-Mar-13

m ridho
monggo bos

sebuah sisi hati pada 13:55, 29-Mar-13

edy
ditunggu lg gan

hitzfild pada 14:14, 29-Mar-13

..dr sumatra jg y sob..btw peristwa TNI & Polisi 2 mng lalu di sana jg yah?

Cigicacink pada 15:58, 29-Mar-13

hadir gan ! Nyimak deh . . .

rafie pada 17:12, 29-Mar-13

hadir kunjungan sore

Truskan
arrowhttp://rafie.heck.in

sebuah sisi hati pada 20:34, 29-Mar-13

rafie
makash boss

sebuah sisi hati pada 20:35, 29-Mar-13

cigicacink
monggo sob

sebuah sisi hati pada 20:37, 29-Mar-13

hidfild

Bener sob itu daerah saya tp pas peristiwa itu saya gak dirumah sob...
karna saya kerja di lain kota

Achopel Reziver pada 22:31, 29-Mar-13

malam sob..
sory, telat brknjungnya maklum jariangan lg ada mslah.

Yupzt,, moga2 markas sobat tetap jaya dan makmur.
Amin..

New Kajine Ip pada 01:21, 30-Mar-13

kunjungan tengah malam kawan..biggrin

New post mampir yaa..

http://newkajine.pun.bz/cara-menambah-memory-ram-hp.xhtml

SimonS Blog pada 01:38, 30-Mar-13

Sama juga di daerah ane yang rata-rata juga berprofesi sebagai petani. tanks untuk infonya.

User Mwb pada 15:29, 30-Mar-13

Hadir bersilaturahmi sob

Vhari Selalu Berbagi pada 18:25, 30-Mar-13

klhtnnya subur bgt kang,,
Aku pernah di musi rawas, pemandangan setiap hari hanya karet dan sawit,,
Sekarang di riau malah cuma sawit aja.. Miris,, sad

MrBLUES CREWSZ pada 09:42, 04-Apr-13

. . Kunjungan pagi master . . Maaf telat kunbal nya . .
. . Jngan lupa melawat markas saya s0b . . Soal nya ada yg baru . .
. . Sm0ga sukses untuk blog dan admin ya . .

http://psgteam.mywapblog.com/operamini-celcom-live-ultimate-download.xhtml

wanto misman pada 10:08, 19-Mei-13

bagus juga artikel yang anda buat keluargaku juga dari sana salam kenal sekarang aku tinggal di cibinong bogor

wahyudi pada 08:44, 26-Jun-13

kunjungan pagi master
salam kompak dr bk 16


http://yudibelitang.mywapblog.com

pakde pada 22:23, 26-Jun-13

kunjungan malam<br />
jadi adem ndengernya<br />
salam kenal aku juga orang bk, 10 nusa bakti

Madichun pada 15:26, 10-Okt-13

bang minta fb kamu d0nx kirim di blog gw

gw mau tanya tentang punk

Reyfreak pada 17:05, 02-Nov-13

bk8 hadir
Hehehe

segi3hijau.wordpress.com pada 12:13, 28-Des-13

aku jg dari belitang mas,, di belitang 3

budi pada 19:00, 12-Mei-14

aku baru pertama kali ke Belitang (10/5/14), dari sisi potensi ekonomi, yakin dimasa datang Belitang akan mampu mandiri sebagai kabupaten mandiri di Sumsel.

Agust Budi Pilihanto, S.Pd pada 17:45, 05-Jul-14

Mat sore Boss.
Koreksi aja... Jarak Palembang - Belitang 180 KM bukan 360 KM.

Thanks

GA3NT3NG pada 06:46, 05-Agu-14

Ass. .aku juga putra blitang sob. .aku sngat paham juga dgn KTM yg tercinta ini. .jangan lupa kunjungi Blog kmi juga yaaaaa.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)