SEJARAH CANDI BOROBUDUR VERSI ISLAM

by sebuah sisi hati on 11:05 AM, 18-Mar-13

Menurut sebuah penelitian oleh Pak Fahmi Basya memperoleh kesimpulan bahwa kisah nabi Sulaiman itu tidak bisa dipisahkan dari tanah jawa (Negeri Saba’) dan juga nabi Sulaiman mempunyai peninggalan berupa sebuah candi Borobudur, jadi menurut peneliti tersebut candi Borobudur adalah peninggalan nabi Sulaiman.
Membaca hasil penelitian ini tentu anda akan mengernyitkan dahi, atau bahkan tidak percaya.

Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul,
Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sedangkan candi Borobudur dibangun setelah masehi. Tapi tidak menurut Pak Fahmi Basya, Borobudur sudah ada sejak sebelum Masehi tuturnya.

Dalam bukunya, KH Fahmi Basya menuturkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, Kisah nabi Yunus di relief candi dan lainnya. Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan beberapa kali dalam al quran surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya.

Tentu saja, banyak orang yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. Banyak bukti yang dipaparkan oleh pak Fahmi Basya, salah satunya adalah banyak relief yang mengambarkan kisah-kisah yang ada didalam AlQuran
seperti kisah nabi Yunus yang dilempar dari kapal yang penuh dan dimakan oleh sebuah ikan seperti gambar di bawah ini. Melalui relief-relief yang ada lainnya, memang terdapat banyak simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana seperti keterangan Alquran.
Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan.

Pada relief lain yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang. “Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman’.” (QS Al-Baqarah [2]: 248).

Negeri Saba ada di Indonesia, yaitu Wonosobo (Wana – Saba). menurut bahasa jawa, Wana artinya hutan dan Saba adalah negeri Saba/tempat berkumpul . Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15).

Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba. Masih banyak lagi bukti-bukti yang dipaparkan oleh sang peneliti KH Fahmi Basya didalam buku yang ia tulis.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

103 responses to "SEJARAH CANDI BOROBUDUR VERSI ISLAM"

mazfoojie [11:11 AM, 18-Mar-13]

saya pernah baca sebelumnya di republika online,tapi masih harus di buktikan atau di kaji lebih dalam lagi kebenaranya.

deva peth pein [11:17 AM, 18-Mar-13]

beneran ga sih gan

Widy Setia [11:33 AM, 18-Mar-13]

wihhh mantif gan

Achopel Reziver [11:38 AM, 18-Mar-13]

belum terlalu yakin sob..

イムアロモら [11:53 AM, 18-Mar-13]

selalu ada ke terkaitan dengan islam. well, saya tidak yakin dengan kebenaran nya. biggrin

Agung Bennington [12:43 PM, 18-Mar-13]

Hay gan, salam kenal ya. Izin follow dari saya nih, jangan lupa follbacknya di http://agung-empire.mywapblog.com
ad kontes blog tuh, hincaran juara 1 Dapat Samsung S3 + Pulsa. . . Masuk ya,,

WarRoCk99 [02:39 PM, 18-Mar-13]

Kunjungan siang sob
setuju sob ane..palagi di AL-RUR'AN sudh d jelaskan
memang si bnyak relief yg menceritakan kisah Nabi Sulaiman

jika berkenan mampir ya sob

Jika berkenan mampir ya

Trik Internet Gratis

right-arrow http://warrock99.mywapblog.com

Salam kopi hitam

sebuah sisi hati [04:17 PM, 18-Mar-13]

deva

wallahuallam sob

sebuah sisi hati [04:49 PM, 18-Mar-13]

warrock

thanks sob

sebuah sisi hati [04:50 PM, 18-Mar-13]

warrock

thanks sob

sebuah sisi hati [04:53 PM, 18-Mar-13]

agung
salam kenal jg bosss

Sarigon [04:54 PM, 18-Mar-13]

Ijin nyimak sob ..kalo berkenan mampir ya sob

sebuah sisi hati [04:55 PM, 18-Mar-13]

achopel

iya sob

sebuah sisi hati [04:56 PM, 18-Mar-13]

widy

makasih boss

sebuah sisi hati [04:57 PM, 18-Mar-13]

masfoojie

iya mass

sebuah sisi hati [04:58 PM, 18-Mar-13]

sarigon

lgsung ke tkp bos

Asep Ahya Al'ansori [05:35 PM, 18-Mar-13]

Nabi Daud dan Nabi Sulaiman hidup di Yerussalem

gamer [07:45 PM, 18-Mar-13]

nyimak aja,
smile

Jangan lupa mampir ke http://gamespot.heck.in

Dedy JunkieZz [07:52 PM, 18-Mar-13]

waaahh apa bener tuh kisah nya ??

RinggaNamikaze [07:54 PM, 18-Mar-13]

joss biggrin

zaya [07:56 PM, 18-Mar-13]

‎ ‎‏ السلامعليكم
kira2 ini shohih ga sob,,.?
Mohon penjelasan nya..

Radika Iranda [10:08 PM, 18-Mar-13]

Selamat malam sob
Maaf baru hadir smile
Semoga saja benar
Kita tunggu saja kajian selanjutnya sob
Thanks infonya smile

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx [12:19 AM, 19-Mar-13]


smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
baru tahu klo sejarah borobudur ada versi islamnya mazz,...... makasih
.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya


http://serpihanfb.mywapblog.com/penjelasan-teknis-tentang-gelombang-otak-2.xhtml

Kanjeng Ratu Kidul
http://serpihanfb.mywapblog.com/kanjeng-ratu-kidul.xhtml

SimonS Blog [01:02 AM, 19-Mar-13]

Judul bukunya apa ya sob? Penasaran nie.

sebuah sisi hati [09:19 AM, 19-Mar-13]

madtohar
lgsg ke tkp bos

sebuah sisi hati [09:22 AM, 19-Mar-13]

radika
oke boss

sebuah sisi hati [09:25 AM, 19-Mar-13]

zaya

wallahuallam sob...
makanya saya share agr tau tanggapan kalian gmana...

sebuah sisi hati [09:26 AM, 19-Mar-13]

ringga
makash boss

sebuah sisi hati [09:27 AM, 19-Mar-13]

dedy

mudah2an sob

sebuah sisi hati [09:29 AM, 19-Mar-13]

asep

iya bosss

saya posting ini biar tau diantara sobat semua mana yg respect saa islam..
thanks bos

sebuah sisi hati [09:30 AM, 19-Mar-13]

gamer
ambil yg baek sob

Cigicacink [10:34 AM, 19-Mar-13]

Post Ajibb nihh . . .

oia betewe ogutt uda follow, kalo berkenan silakan FOLbek ya gann . . .
ogut tunggu . . .hehe . .smile

Azymaula [02:11 PM, 19-Mar-13]

Ouw jd bgitu ea..bru tw ane gan..

Mirjan [06:37 PM, 19-Mar-13]

Info yang unik

Thanks ya

sebuah sisi hati [06:41 AM, 20-Mar-13]

cigicacing
lgsg ke tkp gan

sebuah sisi hati [06:42 AM, 20-Mar-13]

mirjan
sama sama bos

Dulayex [07:50 AM, 20-Mar-13]

mau komen tapi takut salah. . .. .borobudur itu kan tempat ibdah agma ituh. . . .

RinggaNamikaze [05:57 PM, 20-Mar-13]

mantap

Vhari Selalu Berbagi [06:10 PM, 20-Mar-13]

bisa shre ebooknya gk kang,, tanks,, sukses ya.. smile

δiзиб ряздкнзя [08:24 PM, 20-Mar-13]

Kunjungan malam sobbat mantab sobb jadi tentang budor smile ,,
Kunbal di tunggu sobat

erlangcell [11:34 PM, 20-Mar-13]

ni yng ane demen sob,,trus gali n lanjutkan sejarah jawanya sob,,tpi pa bener ,,tinggalan nabi sulaiman,,tanah jawa pnuh mistik ya,,nabi sulaiman juga pernah ke jawa,,,aneh nya ,,borobudur msih kental budha jawaanya sob,,beda kyaknya

NONE ACC [11:41 PM, 20-Mar-13]

saya orang sabah yow xD

MuHsAMsULH MoBiLE BLoG [07:36 AM, 21-Mar-13]

Saya baru tau sobsmile
jadi allahuaklam.

Hadi Is [05:37 PM, 21-Mar-13]

tanpa bukti ilmiah, nggak mungkin orang percaya..
Jadi, jgn langsung percaya dgn klaim satu orang..
Wallaahu a'lam..

hitzfild [12:27 AM, 22-Mar-13]

..msk sih..hoax kali sob..org kayak fahmi keliatan.x malah bikin islam jd buruk..

TriyaMobile [05:08 PM, 23-Mar-13]

Kunjungan sore sob..
hadir untuk meramaikan blog sobatcheesy-grin
jgn lupa mampir ke blogku yaranger

down-arrow
http://triyamobile.mywapblog.com/kumpulan-game-java.xhtml

agus putri [08:27 PM, 23-Mar-13]

mantap boss. .

Muhammad Arbain [04:00 PM, 24-Mar-13]

hati hati jg om
sebuah peninggalan, sejarahnya bisa di rubah. . . .tp salut untuk post mu. . .

Mampir gan ke gubuk q. . .

argal [03:06 PM, 25-Mar-13]

Hadir kawan
maaf telat sob

Edy fitra [08:40 PM, 26-Mar-13]

Hadir gan.


maaf telat di karnakan sibuk dalam dunia nyata smile smile



salam up-arrow

Edy fitra [08:41 PM, 26-Mar-13]

Hadir gan.


maaf telat di karnakan sibuk dalam dunia nyata smile smile



salam up-arrow

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA [09:50 PM, 26-Mar-13]

Bisa jadi bro, indonesia sebelum zaman Nuh tidak seperti peta saat ini, tapi setelah banjir yg menenggelamkan gunung tertinggi di dunia, mak peta berubah.. biggrin

Maria [05:19 PM, 28-Mar-13]

Kok gak ada gambrnya sob?

dea [11:05 AM, 15-May-13]

subhannallah keajaiban dari allah
saya hampir percaya sihh tapi ttep harus di teliti lagi

muhammad mustafa [09:21 PM, 18-May-13]

Alhamdulillah saya sependapat dengan apa yang bpk kiyai paparkan


wasslam mm

tepak [06:58 PM, 20-May-13]

jarang hanya karena ada kemiripan pada suatu kejadian, benda, tempat yang kemudian di jadikan "CLAIM" ITU MILIK SAYA... HATI2 DENGAN KETERBATASAN BERPIKIR KITA

ciana cantik [09:41 AM, 27-May-13]

berarti candi borobudur itu candi yang penuh keistimewaan.wah,hebat...!

richo [01:17 PM, 28-May-13]

hati2 dengan pikiran anda

edy priono [07:45 PM, 31-May-13]

Musti dikaji lagi,bebatuannya sudah berumur brp abad?kan bisa dicek scara kimiawi

Putra Setro [02:49 AM, 01-Jun-13]

Sebuah klaim tentang hal ini adalah propaganda semata. Kalaupun ada kesamaan adanya figur seorang nabi, harusnya agama yahudi yg berhak. Islam mengklaim sebagai agama yg terakhir Dan berakar rumpun dari timur tengah. Menurut saya pribadi, kita harus jeli melihat pesan yang ditampilkan dlm candi tsb secara utuh. Bentuk, simbul atau budaya juga keagamaan. Terlihat jauh sekali dari warna muslim. Masak diklaim juga. Kita harus peka, jgn hanya ada sepengal kemiripan terus kita mencari PEMBENARAN dari sebuah kajian seseorang. Kapan kita akan menjadi dewasa didlm iman. Kalau hal sekecil ini bisa menjadi kontrovesi. Aku gak jawab percaya atau tidak. Sudah gede pasti tau. Kalau aku jawab, MALU sama umat agama lain.

Pemikir dengan logika [12:52 PM, 02-Jun-13]

Otak mu taruh di pantat,berarti akar islam adalah ajaran buddha,jika seperti itu penelitian bodohmu.

Ga percaya 100persen [12:57 PM, 02-Jun-13]

Sudah nyata2 borobudur itu di bangun jaman dinasti syailendra,masih di kaitkan ke nabi sulaiman..Apakah mau ngeklaim borobudur punya islam,terus bs di banggain..Yang ada islam semakin di tertawakan,karna sembarang klaim peninggalan pra sejarah agama buddha

@ndy geembol [08:02 PM, 13-Jun-13]

setuju pak.......

hyuna [09:01 AM, 16-Jun-13]

saya percaya kalo penjelasany sesuai dengan ayat suci Al-Qur'an. Manusia gak ad yg pernah tau itu semua rahasia Illahi... jadi berpegang teguh saja pada ayat" suci Al- qur'an yg bner" terdapat semua penjelasanya.

hyuna [09:05 AM, 16-Jun-13]

kalian jangan asal ngomng kalian tau asal usul agama budha??? kalo gak tau buka Al-Qur'an cari di situ ada penjelsan.

Putra Borneo [09:29 PM, 28-Jun-13]

Kentara kali kalo ngaconya...
Secara scientific,usia candi borobudur bisa ditentukan dgn isotop karbon-Yg pasti borobudur didirikan jauh sesudah Nabi Isa apalg Nabi Sulaiman. Sangat mustahal jika Ratu Balqis=Ratu Boqo.Menurut kisah,Ratu Balqis menyembah matahari,umumnya Raja/Ratu pra Islam di Jawa politheisme atau animisme. Budha sendiri ga menyembah matahari. lalu dimana hubungannya??

Win [12:44 AM, 02-Jul-13]

Sdr.Fahmi tolong jangan memberikan statement yang berlebihan,kalau masih belum ada kepastian secara ilmiah,bisa diketawai bagi orang yang mengerti sejarah.Sejarah tdk pernah mengatakan bahwa seorang Sulaiman pernah menginjakan kakinya di zaman kerajaan Indonesia.Kapal Sulaiman sebesar apa?Hingga bs sampai ke Indonesia?Tlg jangan yg aneh2 dipublikasi di media elektronik,saya turut malu karena bangsaku masih ada yg sebodoh ini.

rounie [05:13 PM, 03-Jul-13]

@win:
boleh jd hasil penelitian bpk fahmi benar,karena kita tau borobudur juga dr buku sejarah.oya nabi sulaeman itu dianugerahi kekuatan yg sngt besar,mampu berkomunikasi dengan mahluk lain dari mulai semut hingga gol jin,juga mampu memindahkan istana ratu bilqis hny dengan kedipan mata.dan perlu diketahui juga nabi sulaeman tidak perlu kapal untuk pergi .

kasianbangsaku [07:57 PM, 05-Jul-13]

hai dasar orang bodoh, sudah jelas2 itu relief agama budha. kenapa jadi orang bodoh sekali sih? jijay benar saya baca artikel ini. tak heran indonesia tidak bisa maju penuh dengan bigot yang membanggakan agama saja. Bro, jadi orang punya otak sedikit.

capede [08:11 PM, 05-Jul-13]

dasar otak udang. yang punya blog ini otak udang, yang percaya teori ini makan taik sapi. woy kalo jadi orang pinter dikit napa.. uda jelas2 itu relief cerita ttg perjalanan hidup bodoh. ada saja orang idiot bikin klaim seperti itu... ga habis pikir juga ada orang bodoh yg berani menerbitkan artikel ke sini. ckkckkc,,, otaknya di selangkangan ya? makannya tahi sapi ya?

sugestian [08:31 AM, 09-Jul-13]

biasa lah org gak ada kerjaan cari sensasi......kasian jg ea

deny [11:50 PM, 11-Jul-13]

namo budhaya,saya gx percaya kalu c.borobudur yg buat n.sulaiman...TOLOL

pasnex setia [10:11 PM, 12-Jul-13]

Terus lo semua sejarah berbeda2, bagemana nasip generasi penerus kita..<br />
Salam sejahtera buat yang genius2..

widhiana w [08:09 PM, 14-Jul-13]

klo bicara sejarah (borobudur) meski sesuai dgn bukti2 secara akademis sbg pendukung sejarah itu sendiri (candi borobudur),gk bisa dikaitkan dgn kisah2 (nabi sulaiman) yg tdk didukung secara akademis sbg bukti sejarah.

tapal batas [01:58 AM, 20-Jul-13]

nie namanya cok galicok

nn [05:22 AM, 31-Jul-13]

bagi yg kurang percaya perlu anda tahu, umat nabi sulaiman bukan muslim skrg tetapi intinya ajaran tauhid, agama pakai iman bukan ilmu, yg komen jelek justru org2 yg tdk berilmu blm bs mghrgai pndpt org lain<br />

Aris [03:00 PM, 06-Aug-13]

Sdr Fahmi yg Anda tulis mendekati kebenaran tapi yang benar adalah candi Borobudur adalah peninggalan nabi Ibrahim , dan peninggalan nabi Sulaiman adalah candi Prambanan ....... Kalo orang bilang makam nabi Ibrahim di dalam Kabah / Mekah itu juga perlu di luruskan .....

nn [05:59 PM, 11-Aug-13]

Selamat datang pengetahuan ttg djawa selamat tinggal penjajahan sdh terlalu lama otak kt dijajah pengetahuan sejarah yg mengerdilkan bangsa kt maju trs pak fahmi atau siapapun yg punya pemikiran out of the box, ISLAM sesuatu yg besar yg perlu pemikiran besar jg u menerimanya,

yoga [03:06 AM, 07-Sep-13]

gwa stju bangt dngn artikel ini. jjur ja gwa yakin kloo sjarah bangsa ini bnyak di pelesetkn olh orang2 barat. trmasuk sjarah kemerdekaan

slamet [09:14 AM, 09-Sep-13]

saya pikir ini bukan soal agama tp lebih berdasarkan panggilan jiwa seorang peneliti untuk kemajuan bangsa ini dan jika kebetulan beliau seorang muslim dan mendasarkan penelitiannya berdasar kitab sucinya itu saya pikir lebih valid (yg loem baca,baca dulu yach atau dtng ke borobudur n istana ratu boko)
mohon dicatat,hingga kini disana masih ada aliran penyembah matahari
andai kita tahu sejarah besar bangsa ini,saya pastikan kita akan malu jd anak muda jaman sekarang
matahari itu terbit dr timur,gan

AN [04:48 PM, 17-Sep-13]

apa yg ditulis oleh bpk Fahmi tidak sembarangan, beliau melakukan penelitian selama kurang lebih 30 thn. Bagi anda yg muslim coba lihat di you tube lihat dan dengar pemaparan beliau. Krn belum tentu sejarah Borobudur yg selama ini dipelajari di sekolah2 itu benar. Wallahualam...

emonzt self [02:58 PM, 10-Oct-13]

islam itu agama pertama dan terahir semua nabi agamanya islam dari nabi adam sampai nabi yang terahin rassulullah muhamad saw

Jaka Liar Ilahi [08:31 PM, 22-Oct-13]

Yg mncela penemuan ini mungkin ga prnah Skolah+ga di ajar Sopan-Santun ma ortunya,jdi klo komen mulutnya asal njeplak aja,Pak Fahmi lakukan penelitian ini bukan dlm wktu sekejap tpi perlu wktu brtahun2 bung,jd klo komen jaga tuh MULUT SAMPEYAN !?!?!

gus am [10:23 AM, 23-Oct-13]

Klaim anda benar2 lucu dan menjijikan muak saya melihat tingkah para kaum munafik seperti anda

dzaki [11:30 AM, 23-Oct-13]

keren cuy

dzaki [11:30 AM, 23-Oct-13]

keren cuy

ahmad [08:03 PM, 23-Oct-13]

kalian adalah kaum paling munafik sedunia tidak pernah berbuat apapun selain mencela dan merusak ..sekarang enak2nya mengklaim peninggalan orang ...muka tebal gak tau malu.apa kalian tau gak kalau di lapisan dasar borobudur ada relief sex ( kama sutra) namun di kubur supaya tidak mengganggu...trus apa penjelesannya kalau ini peninggalan nabi sulaiman.benar2 ga tau malu.

SUDIJAH [08:12 PM, 23-Oct-13]

SANG "BUDHA MAHA BESAR" ..NABI SULAIMAN PUN MENYEMBAHNYA....WAHAI KALIAN MARI KITA IKUTI NABI SULAIMAN UNTUK MENYEMBAH SANG BUDHA GAUTAMA.

mubarok [08:18 PM, 23-Oct-13]

Pak Fahmi Basya itu jebolan rumah sakit jiwa.yg percaya pun orang2 goblok dan tolol yg telah di cuci otaknya di pondok2 pesantren.

### [09:44 AM, 26-Oct-13]

Lalu yang buat patung didalam candi itu siapa? apa iya nabi sulaiman mau buat berhala yang waktu nabi ibrahim saja dibelain buat dibongkar,lalu dibakar????

Jaka Liar Ilahi [05:47 PM, 28-Oct-13]

Maka nya klo blum baca dg jelas Kamu2 jngan ASAL NGOMONG aja yaa,kan udh d jelaskan Candi Borobudur itu kerajaan Ratu Boko yg oleh Nabi Sulaiman d pindahkan k tmpat yg skrg ini dlm wktu sekejab MATA,JADI BOROBUDUR ITU BUKAN BUATAN NABI SULAIMAN.....,NGERTI GA KAMU2 YG BODOH2 TUH.......!?!?! (punya OTAK tpi ga d pake MIKIR,dasar Bar-Bar)

Albarr [10:46 PM, 28-Oct-13]

Klaim tolol, yang percaya tolol, yang dukung si fahmi juga tolol.

A.b.syah [10:58 PM, 28-Oct-13]

buat yang posting berita ini, tolong di judulnya jangan di tulis 'versi islam' karena pernyataan nyeleneh ini tidak mewakili (kajian) islam sama sekali.

lutfi [08:11 AM, 01-Nov-13]

wallahua'alam bisshawaf semua masih mungkin terjadi.....apa yg menurut manusia mustahil bagi allah swt sangatlah mudah....kadang science dan ilmiah pun juga keliru sbg contoh teori charles darwin yg semula diagung agungkan karena teoritis dan ilmiah masih bisa dibantah dan dipatahkan karena baru sebatas hipotesa....ttg temuan diatas jangan terlalu menyepelekan siapa tau benar...bisa jd jg keliru...

Puji Haryanto [02:31 PM, 07-Nov-13]

ASLI DAN NYATA TUH KISAH biggrin

laila canggung [04:01 AM, 10-Nov-13]

klu blm bisa menerima gak usah koment yg pedas"..semoga sj benar.saya bodoh tp jg berpikir alhamdulillah iman jg di pakai

bunga melor [04:05 AM, 10-Nov-13]

dulu tidak dipisahkn o/lautan tdk kah pernah baca ada benua yg hilang dan atlantik di perkirakn indonesia,,maksudnya bkn punya islam jmn sblm nabi muhammad,,nabi'sblm nya jg sama membawa agama tauhid menyembah Allah semata,,,

bnr [05:15 PM, 18-Nov-13]

mbok ya jgan ksar komennya klo blum bsa trima penelitian org.. teori darwin aja skrg ga dipake itu logika bgt n dlm alquran jelas bgt to... tunggu hsilnya bagaimana nantinya aja... rasah kenceng-kencengan

fuadzy [08:42 PM, 22-Nov-13]

prlu di prluas lgi tuh mas penelitiannya biyar dta ny lbih seknifikan lgi,,,.prlu di kmbangin juga tuh.

Ahmad al ghifari [12:22 AM, 24-Jan-14]

Subhanallah
Artikel ini sungguh istimewa sehingga membuat mata dan hati kita terbuka. Tolong tetap tenang. jangan saling menghina. apakah dengan menghina akan membuktikan sejarah, toh kita juga belum lahir terkait peristiwa ini?
kalo tidak setuju ya tanggapi dengan ilmu, la ya wong namanya juga penelitian, kita kaji dengan penelitian juga. jangan menjatuhkan diri sendiri dengan menghina yang jelas tanpa didasari ilmu. jika merasa pintar, tunjukkan kepintarannya, orang pintar bisa dilihat dari cara berkomentarnya.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Hujarat [49]: 11)

hargailah sesama,ini kan mengenai pendapat, katanya orang Indonesia ko ribut.
saya percaya tidak ada dalam satu agama pun yang menyuruh untuk menjelek-jelekan agama lain, bahkan dalam Islam pun melarang.

ini juga pesan buat saya pribadi dan saudara sesama muslim:
“Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan.” (QS. Al An’aam [6]: 108)

artikelnya bagus, mengenai klaim kmbali kpda diri kita masing-masing, coba kita gali bersama untuk menemukan hasil yang baik. tolong komentar yang membangun. kita bisa merasakan sendiri kalau kita PERNAH MELAKUKAN PENELITIAN, tentunya apa perasaan kita jika ada komentar yang bukan malah membangun.

Wihadi [11:02 AM, 12-Feb-14]

Okok.
Lanjut kan penelitian'a pak .

Wihadi [11:04 AM, 12-Feb-14]

Okok.
Lanjut kan penelitian'a pak .

cahaya [10:40 PM, 16-Apr-14]

aku percaya atas penelitian ini karena aku juga sudah melihat vidionya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)